15 November 2012

Beras Merah Pulen (Tumbuk) 1kg

Rp25.000,00
Beras varietas ini diproduksi oleh masyarakat di sekitar Gunung Pancar, Sentul, Jawa Barat secara turun-temurun pada sawah-sawah yang bebas pencemaran dan diolah dengan cara tradisional untuk memaksimalkan kandungan gizinya. Berbeda dengan beras lain yang umumnya diproses dengan cara digiling dan disosoh, Beras Merah Pulen ini dihasilkan dari gabah yang ditumbuk secara manual menggunakan lumpang, sehingga kulit ari beras masih menempel. Kulit ari ini amat kaya akan serat pangan (dietary fiber) dan minyak alami, memberikan asupan gizi yang sangat baik bagi tubuh. Dengan membeli Beras Merah Pulen ini Anda juga turut serta dalam program pemberdayaan masyarakat di sekitar Gunung Pancar, Sentul, Jawa Barat.

Beras Merah Kaya Vitamin & Mineral

Nilai gizi beras bergantung pada jenisnya. Dari sisi jenis, masyarakat menggolongkan beras menjadi tiga golongan: beras putih (dipisahkan lagi menjadi pulen dan pera), beras ketan, dan beras merah. Tetapi apapun nama berasnya, yang masyarakat awam tahu adalah beras merupakan sumber karbohidrat semata, pengenyang perut, "bensin" untuk beraktivitas.
Padahal jika saja mau sedikit iseng "membongkarnya", beras (terutama beras merah) memiliki banyak manfaat lain. Beras merah punya kandungan gizi yang jauh  lebih baik dibanding beras putih. Hal ini karena beras putih berasal dari beras yang telah digiling sehingga sudah hilang kulit arinya, sementara beras merah berasal dari beras tumbuk yang kulit arinya tak banyak hilang. Kulit ari beras mengandung zat-zat gizi yang penting bagi tubuh, kaya akan serat dan minyak alami. Serat tak hanya mengenyangkan namun juga mencegah berbagai penyakit saluran pencernaan. Satu mangkuk beras merah mengandung sekitar 3,5 gram serat, sementara semangkuk beras putih mengandung kurang dari 1 gram serat.
Suatu studi di Universitas Negara Bagian Lousiana, AS, menyatakan bahwa beras merah mengandung serat yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), menghambat aterosklerosis dan juga berperan dalam mengkontrol tingkat kadar gula darah dalam tubuh, sehingga juga menjadi pilihan terbaik bagi penderita diabetes.
Lemak dalam kulit ari beras merah merupakan lemak esensial yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Sedangkan senyawa-senyawa lain dalam kulit ari juga dapat menurunkan kolesterol darah, salah satu faktor resiko penyakit jantung. Dari segi kandungan vitamin dan mineral, beras merah juga lebih unggul dari beras putih. Kandungan vitamin dan mineral beras merah 2-3 kali beras putih. Beras merah mengandung tiamin (vitamin B) yang diperlukan untuk mencegah beri-beri pada bayi. Zat besinya juga lebih tinggi, sehingga membantu bayi usia 6 bulan keatas yang asupan zat besi dari ASI sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan tubuh.

Cegah Kanker

Beras merah telah dikenal sejak tahun 2800 SM. Oleh para tabib saat itu benda ini dipercaya memiliki nilai medis yang dapat memulihkan kembali rasa tenang dan damai. Meski, dibandingkan dengan beras putih, kandungan karbohidrat beras merah lebih rendah (78,9 gr : 75,7 gr), tetapi hasil analisis Nio (1992) menunjukkan nilai energi yang dihasilkan beras merah justru di atas beras putih (349 kal : 353 kal). Selain lebih kaya protein (6,8 gr : 8,2 gr), hal tersebut mungkin disebabkan kandungan tiaminnya yang lebih tinggi (0,12 mg : 0,31 mg).
Kekurangan tiamin bisa mengganggu sistem saraf dan jantung, dalam keadaan berat dinamakan beri-beri dengan gejala awal nafsu makan berkurang, gangguan pencernaan, sembelit, mudah lelah, semutan, jantung berdebar dan refleks berkurang. Unsur gizi lain yang terdapat pada beras merah adalah fosfor (243 mg per 100 gr bahan) dan selenium. Selenium merupakan mineral yang mereduksi resiko kanker usus.
Menurut riset Dr. Rui Hai Liu dari Universitas Cornell mengatakan bahwa beras merah mengandung fenolik, salah satu zat antioksidan yang mampu menghambat radikal bebas pemicu kanker. Selain itu beras merah mengandung magnesium yang mampu menurunkan keakutan asma, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan frekuensi migran, dan menurunkan resiko serangan jantung serta stroke. Magnesium juga membantu mengatur irama saraf dan otot dengan menyeimbangkan aksi kalsium serta berguna untuk kesehatan tulang. Secangkir beras merah akan memberi Anda 21% keperluan sehari-hari akan magnesium.

Cara Memasak

Hampir sama dengan memasak nasi putih. Untuk membuatnya lebih harum dan menggugah selera, tambahkan 2 lembar daun pandan dan 1 batang sereh yang sudah digeprak. Keharumannya akan menambah selera makan.

0 komentar:

Post a Comment

Blogroll

Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan.